Malaikat Jibril Di Agama Kristen

Malaikat Jibril Di Agama Kristen

Malaikat Agung Sealtiel

Malaikat Sealtiel adalah salah satu dari 7 Malaikat agung dalam tradisi agama Katolik, Santo Sealtiel merupakan malaikat agung yang bertugas menghadapkan doa-doa umat manusia kepada Tuhan. Sealtiel juga di gambarkan sebagai lambang doa penghubung antara manusia dengan Tuhan, dan berperan sebagai penjaga Misa Kudus.

Melalui artikel ini, kita telah memahami mengenai 7 nama-nama malaikat beserta tugasnya menurut agama Katolik. Melalui artikel ini kita memahami tentang keberagaman iman dan keyakinan, kepercayaan akan keberadaan malaikat dan juga pengabdiannya menjadi bagian penting dalam agama Katolik. Setiap malaikat agung memiliki tugas dan peran penting dalam membantu umat manusia dan melayani Tuhan.

Kehadiran malaikat mengingatkan kita akan kasih dan perhatian Tuhan, mengajarkan pentingnya berdoa, dan meneladani sikap-sikap seperti kesetiaan, kasih, dan ketaatan kepada Tuhan.

Artikel ini mengajak kita untuk saling menghormati dalam keberagaman iman, bersyukur atas berkat dalam hidup, dan menyayangi sesama. Dengan menghayati pesan-pesan yang tersirat dalam tugas-tugas malaikat, kita dapa memperkaya pengalaman rohani dan meningkatkan keimanan spiritual kita dalam perjalanan hidup kita.

Mayoritas umat Kristen Indonesia adalah umat Protestan. Dari 23,5 juta total penduduk Indonesia beragama Kristen, sekitar 16,5 juta orang mengikuti ajaran-ajaran Protestan, sementara 7 juta orang lainnya mengikuti ajaran-ajaran Katolik. Komunitas-komunitas Kristen tersebar secara tidak merata di seluruh negeri. Namun, seperti yang bisa dilihat dari peta di bawah, kebanyakan dari komunitas ini bertempat tinggal di wilayah Timur Indonesia yang memiliki kepadatan penduduk lebih rendah.

Lokasi-lokasi dengan komunitas-komunitas Kristen yang berjumlah cukup besar:

1. Sumatra Utara2. Kalimantan 3. Sulawesi Utara 4. Sulawesi Barat5. Maluku6. Papua7. Flores8. Sumba9. Timor Barat

Kedatangan Kekristenan di Nusantara

Sumber pertama yang diketahui mengenai kehadiran agama Kristen di Nusantara bisa ditemukan di karya ensikopledi oleh Abu Salih Al-Armini, seorang Kristen Mesir yang hidup di abad ke-12. Menurut tulisannya, ada sejumlah gereja Nestorian di Sumatra Barat pada saat itu yang berlokasi dekat dengan sebuah tempat produksi kayu kamper. Namun, para ilmuwan di masa selanjutnya berargumen bahwa Al-Armini mungkin telah salah mencatat lokasi ini dan lokasi sebenarnya berada di sebuah kota di India.

Setelah Portugis menaklukkan Malaka (yang kini disebut Malaysia) di tahun 1511, mereka berlayar lebih jauh ke arah Timur dan menemukan tempat asal rempah-rempah yang diidam-idamkan yaitu Kepulauan Maluku di mana Sultan Ternate berkuasa. Di sini, Portugis mendirikan tempat pemukiman kecil. Pada awalnya, hubungan antara orang Portugis yang beragama Katolik dan penduduk Muslim di Ternate berjalan harmonis karena kedua pihak menyadari keuntungan-keuntungan kerjasama perdagangan. Dari tahun 1534 dan selanjutnya, para pendeta berkebangsaan Portugis mulai aktif menyebarkan ajaran Katolik kepada penduduk asli dan pada akhir abad ke-16 sekitar 20% penduduk Maluku bagian selatan diklasifikasikan sebagai umat Katolik. Dua lokasi lain, keduanya di wilayah Timur Indonesia, tempat orang-orang Portugis mendirikan tempat-tempat pemukiman umat Katolik berada di Larantuka (di Pulau Flores) dan Dili (di Pulau Timor). Namun, terjadi bentrokan antara orang-orang Portugis (yang ingin memonopoli perdagangan rempah-rempah) dan penduduk Ternate. Hal ini secara serius mengurangi pengaruh orang-orang Portugis di Kepulauan Maluku.

Orang-orang Belanda dari aliran Protestan-Calvinis mendirikan tempat pemukiman pertama mereka di Ternate pada tahun 1607. Mereka juga ingin memonopoli perdagangan rempah-rempah namun jauh lebih berhasil dibandingkan orang-orang Portugis dalam mencapai ambisi mereka. Selama dua abad selanjutnya, Kesultanan Ternate secara bertahap kehilangan kekuasaannya, sementara ketiadaan pengaruh Portugis juga menimbulkan konsekuensi bagi penyebaran kekristenan di wilayah itu. Pada awalnya, orang-orang Belanda hanya memiliki sedikit minat untuk menyebarkan Injil. Di beberapa wilayah yang dikuasai perusahaan dagang Belanda yaitu VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) orang Belanda memang mendukung aktivitas-aktivitas misionaris. Namun, di kebanyakan kasus kegiatan misionaris terbatas pada tugas-tugas pastoral untuk komunitas-komunitas (yang sudah) Kristen yang kebanyakan terdiri dari orang-orang Eropa. Tidak ada usaha penyebaran agama besar-besaran yang didukung di wilayah-wilayah di bawah kontrol Belanda. Namun, satu kebijakan cukup jelas: hanya Kekristenan aliran Protestan-Calvinis Belanda yang diizinkan. Imam-imam Katolik yang sebelumnya menyebarkan ajaran-ajaran Katolik diusir. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa proses penyebaran ajaran Kristen, yang dimulai oleh orang-orang Portugis, telah (hampir) berhenti sama sekali ketika Belanda berkuasa di periode VOC (1602-1798).

Penyebaran Kekristenan selama Periode Penjajahan

Pada abad ke-19 ketika Kerajaan Belanda mendapat kontrol atas wilayah yang sebelumnya dikuasai VOC, aktivitas-aktivitas misionaris masih tetap tidak didukung oleh pemerintah kolonial. Gereja Reform Belanda adalah agen pemerintah yang hanya berfokus melayani kebutuhan religius dari warganegara Belanda (yang sudah) memeluk aliran Protestan. Kendati begitu, sekelompok kecil dari anggotanya melakukan penyebaran ajaran-ajaran Protestan dan mendirikan gereja-gereja dan sekolah-sekolah di Hindia Belanda. Namun, insentif skala besar yang nyata untuk penyebaran agama bagi penduduk asli datang dari organisasi-organisasi baru yang datang dari Eropa di pertengahan kedua abad ke-18 dan abad ke-19. Institusi-institusi seperti Serikat Misionaris Belanda (Nederlandsch Zendeling Genootschap) dan Kelompok Misionaris Rhenish (Rheinische Missionsgesellschaft) dari Jerman diizinkan untuk menyebarkan ajarannya di Hindia Belanda. Karena Kerajaan Belanda di Eropa telah mulai menjadi sekuler, pemerintah kolonial juga tidak bisa mencegah misionaris-misionaris Katolik melakukan aktivitas-aktivitasnya di Hindia Belanda. Pemisahan antara gereja dan negara berarti negara harus mengambil sikap netral mengenai isu-isu agama, karenanya aktivitas-aktivitas misionaris diserahkan pada sektor non-pemerintahan.

Sekalipun pada tahun 1900, aktivitas-aktivitas misionaris telah terbentuk di seluruh wilayah koloni (kecuali untuk wilayah-wilayah Muslim di Aceh dan Sumatra Barat), jumlah umat Kristen tidak banyak bertambah dibandingkan satu abad sebelumnya. Hanya dua wilayah yang menunjukkan pertambahan besar untuk jumlah penduduk asli pengikut ajaran Protestan, yaitu Minahasa (Sulawesi Selatan) dan Tapanuli (Sumatra Utara). 'Kegagalan' umum penyebaran agama Kristen kepada penduduk asli dalam skala besar terutama disebabkan karena kurangnya kemampuan finansial, terbatasnya jumlah pekerja, dan pengunaan metode-metode yang tidak tepat. Setelah tahun 1900, ekspansi wilayah oleh Pemerintah Kolonial telah hampir sukses seluruhnya dan politik etis (bertujuan meningkatkan standar hidup penduduk asli) diperkenalkan. Kebijakan baru ini mengimplikasikan dampak lebih langsung kepada penduduk asli yang - antara lain - menyebabkan kedatangan (khususnya) banyak umat Katolik dari Belanda. Dengan lebih banyak sumberdaya manusia dan dukungan keuangan, aktivitas-aktivitas misionaris Katolik bergerak ke wilayah-wilayah baru dan jumlah penduduk asli pengikut ajaran Katolik turut bertambah. Kelompok-kelompok Protestan didukung oleh sejumah organisasi dari wilayah Amerika Utara yang datang ke Hindia Belanda pada pertengahan pertama abad ke-20. Pada umumnya, pendekatan misionaris di koloni Belanda cukup terpecah-percah. Pada tahun 1938, diambil langkah-langkah untuk mendirikan Dewan Kristen Nasional di Hindia Belanda namun Perang Dunia II dan dilanjutkan dengan kemerdekaan Indonesia mengakhiri usaha ini.

Kekristenan di Indonesia Sekarang

Kendati ada sejumlah wilayah di Indonesia yang memiliki masyarat yang jelas mayoritas Kristen (lihat peta di atas), secara keseluruhan, agama Kristen hanya menjadi agama minoritas di Indonesia. Oleh karena itu, umat Kristen memiliki posisi sosial politik yang agak lemah di negara ini dengan pengecualian di beberapa wilayah mayoritas Kristen (di wilayah-wilayah ini umat Muslim terkadang harus menghadapi tindakan-tindakan diskriminatif). Posisi umum yang lemah ini membuat sebagian besar umat Kristen Indonesia menyadari posisinya sebagai minoritas dan karenanya mereka berusaha menjalin hubungan baik dengan umat Muslim. Meskipun begitu, mengenai rasa kebangsaan Indonesia, umat Kristen sama kuatnya dalam kebanggaan nasionalis seperti umat Muslim yang menjadi mayoritas. Umat Kristen juga sangat mendukung penjagaan persatuan Indonesia.

Dalam beberapa dekade terakhir, ada banyak catatan kasus mengenai serangan-serangan kelompok-kelompok radikal Muslim melawan gereja-gereja dan umat Kristen. Hal ini menimbulkan rasa takut di dalam komunitas Kristen Indonesia. Insiden-insiden ini terutama terjadi di pulau Jawa tempat umat Kristen menjadi minoritas. Sayangnya, situasi ini sepertinya akan terus berlanjut. Namun, serangan-serangan ini bisa dijelaskan sebagai ekspresi ketakutan dan frustasi dari para pelakunya karena Indonesia (dianggap oleh para pelaku) telah mengalami proses 'Kristenisasi' setelah masa kemerdekaan. Sebetulnya, akar masalah ini ada di dalam sejarah yang mencatat bahwa kelompok elit Kristen yang cukup besar (yang diperlengkapi dengan pendidikan dan perekonomian yang lebih baik) diperlakukan lebih baik oleh Belanda pada era kolonial. Setelah kemerdekaan Indonesia, kelompok elit Kristen menjadi kekuatan yang berpengaruh dalam perpolitikan (termasuk di dalam militer) dan perekonomian Indonesia baik pada masa pemerintahan Soekarno maupun Suharto (pada pertengahan awal rezimnya). Alasan utama dari situasi paradoks ini adalah karena umat Kristen - sebagai kelompok minoritas - tidak merupakan ancaman besar. Pada tahun 1950an dan 1960an terjadi pertarungan kekuasaan antara kelompok nasionalis, komunis, dan golongon Islam, sementara waktu Suharto mengambil alih kekuasaan pada tahun 1966 (dan kelompok komunis dihapuskan), tetap perlu upaya besar dari Pemerintah untuk mengurangi peran politik Islam di dalam masyarakat Indonesia. Di dekade-dekade kekacauan dan ketidakpercayaan, umat Kristen dianggap sebagai sekutu (karena tidak memiliki agenda tersembunyi) dalam menghadapi kekuatan-kekuatan tandingan di dalam masyarakat. Kondisi ini berubah di akhir 1980an dan 1990an ketika tidak hanya kelompok Islam aliran keras yang menolak Pemerintah tetapi juga kelompok Islam moderat mulai mengkritik Pemerintah dan menuntut demokrasi. Untuk meraih lebih banyak dukungan populer, Suharto (seorang Muslim tradisional yang tidak terlalu religius) memutuskan menerapkan kebijakan-kebijakan yang lebih pro-Muslim, termasuk menempatkan lebih banyak orang Islam di posisi pucuk pemerintahan (termasuk di militer). Ini menyebabkan penurunan pengaruh umat Kristen dalam politik nasional.

Di masyarakat Indonesia, umat Muslim dan Kristen hidup dalam keharmonisan sosial. Antara 1997 sampai 2004 (pada saat dan setelah kejatuhan Suharto) sejumlah wilayah di Indonesia diserang oleh insiden-insiden kekerasan mengerikan yang diberi label 'konflik agama'. Namun, salah apabila menganggap konflik-konflik ini hanya masalah agama semata. Kejatuhan Suharto membuka kompetisi sengit untuk mendapatkan kekuasaan-kekuasaan politik, ekonomi, dan sosial di daerah-daerah Indonesia; dan juga di antara kelompok-kelompok beragama sama. Dikombinasikan dengan pemerintahan pusat yang lemah dan tidak terorganisir (termasuk militer nasional) karena Krisis Keuangan Asia, konflik-konflik ini mendapat kesempatan untuk membesar dan menjadi semakin lama periodenya. Ada juga laporan-laporan yang mengklaim militer Indonesia justru mendorong berlanjutnya konflik-konflik ini untuk menciptakan kekacauan di dalam negeri supaya bisa mendapatkan lebih banyak kekuatan politik.

tirto.id - Dalam agama Islam, salah satu dari 10 malaikat yang diketahui nama dan tugasnya adalah Jibril. Tugas malaikat Jibril adalah untuk menyampaikan wahyu dari Allah kepada para nabi dan rasul.

Kemudian, sepeninggal nabi dan rasul terakhir Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, apakah malaikat Jibril masih memiliki tugas lain?

Muncul anggapan bahwa malaikat Jibril tidak lagi turun ke langit dunia setelah menyampaikan wahyu terakhir. Mengutip laman NU, anggapan tersebut ditepis oleh Syekh Jalaluddin As Suyuthi. Menurutnya, malaikat Jibril masih memiliki tugas lain di samping menyampaikan wahyu.

Allah menciptakan setiap malaikat lengkap dengan kedudukannya masing-masing. Dalam Al Quran surah Al Saffat ayat 164, Allah berfirman, "Dan tidak satupun di antara kami (Malaikat) melainkan memiliki kedudukan tertentu." Malaikat Jibril secara umum diberi tugas menyampaikan wahyu dan risalah kenabian, sekaligus berhubungan secara personal dengan para nabi dan rasul.

Malaikat Jibril dinamakan dua kali dalam Al Quran yaitu pada surat Al Baqarah ayat 97-98 dan At Tahrim ayat 4. Di dalam Al Quran.

Jibril memiliki beberapa nama lain, seperti Ruh al Amin dan Ruh al Qudus (Roh Kudus), Ar-Ruh Al-Amin dan yang lain.

Sementara itu, dalam Jurnal Al Wajid Vol.1 No.2 Halaman 195-210 (Desember 2020) disebutkan, tugas malaikat Jibril setelah kenabian yang diketahui petunjuknya dari Al Quran dan As Sunnah yakni sebagai berikut:

1. Mendampingi orang yang sakaratul maut dalam keadaan bersuci

Dalam buku Syarah Nuruzh Zhalam ala Aqidati Awam karya Syekh M Nawawi Banten, As Suyuthi mengatakan jika Jibril turut hadir pada seseorang yang menghadapi sakaratul maut dalam keadaan suci karena berwudhu.

Sebuah riwayat dalam hadits menyebutkan, ada empat malaikat yang mendapat tugas untuk mengelola dunia. Di antara mereka adalah malaikat JIbril dengan salah satu tugasnya untuk mengurusi angin.

Malaikat Mikail ditugasi mengurus hujan dan tumbuhan. Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa. Semetara malaikat Israfil menyampaikan perintah pada mereka.

Ibnu Abi Hatin dan Abu Syekh meriwayatkan dalam kitab Al-Uẓamah dan Al-Baihaqī dalam kitab Syu'abul Iman, dari Ibnu Sabit berkata, "Empat Malaikat yang mengurusi urusan dunia yaitu Jibril, Mikail, malaikat maut, dan Israfil. Jibril diserahi untuk mengatur angin dan para tentara, Mikail diserahi untuk mengurus hujan dan tumbuh-tumbuhan, malaikat maut diserahi untuk mencabut nyawa, sedangkan Israfil diserahi tugas menyampaikan perintah kepada mereka”.(HR. al-Baihaqi No. 294)

3. Memenuhi dan menahan hajat manusia

Allah telah menugaskan malaikat Jibril dalam urusan memenuhi dan menahan hajat manusia. Allah menyukai lantunan doa orang mukmin, sehingga Jibril diperintahkan untuk menahan hajat orang itu. Sebaliknya, Allah tidak menyukai lantunan doa orang kafir sehingga Jibril diperintahkan untuk segera memenuhi hajat itu.

Dalam sebuah hadits yang disampaikan dari Sabit, dia berkata, "Telah sampai kepadaku riwayat yang menyatakan bahwa Allah mendelegasikan malaikat Jibril dalam urusan memenuhi hajat hidup manusia. Apabila seorang mukmin berdoa, maka Allah pun berkata kepada Jibril, 'Wahai Jibril! Tahan dulu untuk memenuhi hajatnya karena Aku sungguh sangat senang mendengar lantunan doanya'. Apabila orang kafir berdoa, Allah pun berkata kepadanya, 'Wahai Jibril! Penuhi apa yang menjadi hajatnya karena sesungguhnya Aku tidak suka mendengar lantunan doanya'."(HR. Al Baihaqi No.32)

4. Hadir dalam Lailatul Qadar

Pada laman SDIT Al Hasanah Bengkulu disebutkan, Jibril turut memiliki peran penting saat hadirnya Malam Qadar (Lailatul Qadar) di setiap akhir bulan Ramadan. Malam yang nilainya lebih baik dari 1000 bulan itu, seluruh malaikat akan turun ke Bumi dengan membawa rahmat. Dan, malaikat yang menjadi pemimpinnya adalah Jibril.

Peristiwa ini juga menjadi petunjuk bahwa Jibril masih turun ke dunia untuk tugas lainnya. Al Quran memberikan petunjuk tentang kehadiran Jibril saat Lailatul Qadar melalui surah Al Qadr ayat 4. Pada kata "ruh", mayoritas ulama berpendapat bahwa itu adalah nama dari malaikat Jibril yang menjadi pemimpin atas malaikat lainnya.

"Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan” (QS Al Qadr: 4).

tirto.id - Pendidikan

Kontributor: Ilham Choirul AnwarPenulis: Ilham Choirul AnwarEditor: Yulaika Ramadhani

Dalam Kekristenan, malaikat adalah agen Allah, berdasarkan pada malaikat dalam Yudaisme.[1] Hierarki malaikat Kristen yang paling berpengaruh adalah yang dikemukakan oleh Pseudo-Dionysius Areopagite pada abad ke 4 atau ke 5 dalam bukunya De Coelesti Hierarchia (Dalam Hierarki Selestial).

Selama Abad Pertengahan, banyak skema diusulkan tentang hierarki, beberapa menggambar dan memperluas Pseudo-Dionysius, yang lain menyarankan klasifikasi yang sama sekali berbeda.

Menurut para teolog Kristen abad pertengahan, para malaikat diatur dalam beberapa ordo, atau "Paduan Suara Malaikat".[2][3]

Pseudo-Dionysius (Tentang Hirarki Surgawi) dan Thomas Aquinas (Summa Theologiae) mengambil bagian-bagian dari Perjanjian Baru, khususnya dalam Galatia 3:26-28, Matius 22:24-33, Efesus 1:21-23, dan Kolose 1:16, untuk mengembangkan skema tiga Hierarki, Spheres atau Triad malaikat, dengan masing-masing Hierarki berisi tiga Orde atau Paduan Suara. Meskipun kedua penulis menggunakan Kitab Perjanjian Baru, kanon Alkitab relatif diam pada subjek, dan hierarki ini dianggap kurang definitif daripada materi Alkitab.

Seperti yang disebutkan dalam doktrin teologis tentang persekutuan orang-orang kudus, di Firdaus ada visi yang sama dan unik tentang kebenaran dan kontemplasi Wajah Allah, tanpa ada perbedaan apa pun antara malaikat atau jiwa manusia. Teologia Summa menyatakan bahwa ada derajat yang berbeda dalam hal penciptaan, tentang kekuatan syafaat bagi Allah dan tentang kepercayaan langsung dalam kehidupan manusia.

Serafim (tunggal "Seraf") secara harfiah diterjemahkan "yang terbakar", kata seraf biasanya merupakan sinonim untuk ular ketika digunakan dalam Alkitab Ibrani.[4] Disebutkan dalam Yesaya 6:1-7, Serafim adalah kelas malaikat tertinggi dan mereka melayani sebagai penjaga takhta Allah dan terus menerus memuji: "Suci, suci, suci Ialah Tuhan semesta alam; seluruh bumi penuh dengan kemuliaan-Nya!" Menurut Yesaya 6: 1-8, Serafim digambarkan sebagai makhluk bersayap enam yang berapi-api; dengan dua sayap yang menutupi wajah mereka, dengan dua sayap lain yang menutupi kaki mereka, dan dua sayap terakhir yang mereka gunakan untuk terbang.

Kerubim memiliki empat wajah: satu dari seorang lelaki, seekor lembu, singa, dan seekor rajawali (yang kemudian diadopsi sebagai simbol dari keempat penginjil). Mereka memiliki empat buah sayap siam yang ditutup dengan mata (walaupun Wahyu 4: 8 tampak menggambarkan mereka dengan enam sayap seperti serafim), tubuh singa, dan kaki lembu. Kerubim menjaga jalan ke pohon kehidupan di Taman Eden (Kejadian 3:24) [5] dan tahta Allah (Yehezkiel 28: 14-16).[6]

Kerub disebutkan dalam Kejadian 3:24;[5] Keluaran 25:17–22; 2 Tawarikh 3:7–14; Yehezkiel 10:12–14,[7] 28:14–16;[6] 1 Raja-Raja 6: 23–28;[8]

Penggunaan bahasa modern telah mengaburkan perbedaan antara kerubim dan putti. Putti adalah makhluk seperti bayi/balita yang sering tanpa sayap (terkadang bersayap) yang secara tradisional digunakan dalam seni figuratif.

St Thomas Aquinas membayangkan Setan sebagai kerub yang jatuh.[9]

"Singgasana" atau "Takhta" (bahasa Yunani: thronoi, jmk: thronos), adalah kelas makhluk surgawi yang disebutkan oleh Rasul Paulus dalam Kolose 1:16 (Perjanjian Baru). Mereka adalah simbol yang hidup dari keadilan dan otoritas Allah, dan memiliki "singgasana" sebagai salah satu simbol mereka.

Sudah lazim untuk menemukan bahwa Singgasana dikaitkan oleh beberapa, dengan Ophanim atau Erelim dari hierarki malaikat Yahudi. Namun ada sedikit bukti ada untuk mempertahankan gagasan ini. Ophanim (Ibrani: ofanim: Roda, dari penglihatan [[]] Daniel:7:9-TB) terlihat tidak biasa, bahkan dibandingkan dengan makhluk surgawi lainnya, ditambah mereka dikatakan "digerakkan oleh roh makhluk lain." Yang kemudian menimbulkan pertanyaan apakah Ophanim adalah makhluk spiritual atau apakah mereka murni makhluk material. Pelek mereka ditutupi dengan ratusan mata. Mereka lebih dekat berhubungan dengan Kerubim sebagai gantinya: "Ketika mereka bergerak, yang lain bergerak; ketika mereka berhenti, yang lain berhenti; dan ketika mereka bangkit dari bumi, roda-rodanya naik bersama mereka; karena semangat makhluk hidup [Kerubim] Berada di atas roda. " Yehezkiel 10:17.

Para teolog Kristen yang memasukkan Singgasana sebagai salah satu paduan suara tidak menggambarkan mereka sebagai roda, menggambarkan mereka sebagai pemuja lelaki tua yang mendengarkan kehendak Tuhan dan mempersembahkan doa-doa manusia. Empat dan Dua Puluh Penatua dalam Kitab Wahyu biasanya dianggap sebagai bagian dari kelompok malaikat ini.

"Kekuasaan" (Lat dominatio, plural dominationes; Efesus 1:21), juga diterjemahkan sebagai "Pemerintah" (Yunani kyriotētes, Jmk dari kyriotēs; Kol 1:16), sebagai hierarki makhluk langit "Lordships" dalam beberapa terjemahan bahasa Inggris dari De Coelesti Hierarchia. Dominion mengatur tugas malaikat rendah. Sangatlah jarang para malaikat menampakkan diri mereka dan dikenali manusia.

Dominion diyakini terlihat seperti manusia yang cantik secara ilahi dengan sepasang sayap berbulu, sangat mirip dengan representasi umum malaikat, tetapi mereka dapat dibedakan dari kelompok lain dengan menggunakan bola cahaya yang diikatkan ke kepala scepters mereka atau di pommel dari pedang mereka. [ rujukan? ]

Malaikat-malaikat ini adalah mereka yang muncul saat terjadi tanda-tanda dan mukjizat di dunia.[10]

Istilah ini muncul untuk dihubungkan dengan atribut "kekuatan", dari dynamis akar Yunani (jmk Dynameis) di Efesus 1:21, yang juga diterjemahkan sebagai "Kebajikan" atau "Kekuatan". Mereka hadir sebagai Paduan Suara surgawi "Kebajikan", di Summa Theologica.

Dari De Coelesti Hierarchia karya Pseudo-Dionysius the Areopagite:

"Nama Kebajikan Suci menandakan kejantanan yang kuat dan tak tergoyahkan mengalir ke semua energi seperti Tuhan mereka; tidak menjadi lemah dan lemah untuk setiap penerimaan Iluminasi ilahi yang diberikan kepadanya; meningkat ke atas dalam penuh kekuatan untuk asimilasi dengan Tuhan; tidak pernah jatuh jauh dari Kehidupan Ilahi melalui kelemahannya sendiri, tetapi naik dengan tak tergoyahkan ke Kebajikan yang superessensial yang merupakan Sumber kebajikan: membentuk dirinya sendiri, sejauh mungkin, dalam kebajikan, dengan sempurna berbalik ke arah Sumber kebajikan, dan mengalir dengan hemat kepada orang-orang di bawahnya, dengan berlimpah mengisi mereka dengan kebajikan. "

"Kekuatan" (lat. Potestas (s), jmk. Potestates), juga diterjemahkan sebagai "Penguasa" (dari bahasa Yunani exousiai, jmk exousia; lihat akar bahasa Yunani di Ef 3:10),[10] bertugas untuk mengawasi pergerakan benda-benda langit untuk memastikan bahwa kosmos tetap teratur.[butuh rujukan]Menjadi malaikat prajurit, mereka juga menentang roh-roh jahat, terutama mereka yang memanfaatkan masalah ini di alam semesta, dan sering mengusir roh-roh jahat ke tempat-tempat penahanan. Malaikat-malaikat ini biasanya diwakili sebagai prajurit yang mengenakan baju besi dan helm penuh, dan juga memiliki senjata defensif dan ofensif seperti masing-masing perisai dan tombak atau rantai.

"Kerajaan" (bahasa Latin: principatus), juga diterjemahkan sebagai "Pemerintah" (dari bahasaYunani archai, jmk archē; lihat akar bahasa Yunani dalam Ef 3:10), adalah para malaikat yang membimbing dan melindungi bangsa-bangsa, atau kelompok-kelompok orang, dan lembaga-lembaga seperti Gereja. Para Kepala Kerajaan memimpin kelompok malaikat dan menugasi mereka untuk memenuhi pelayanan ilahi. Ada beberapa malaikat yang mengelola dan ada beberapa yang membantu.[10]

Para Kerajaan ditampilkan mengenakan mahkota dan membawa tongkat kerajaan. Tugas mereka juga adalah untuk melaksanakan perintah yang diberikan kepada mereka oleh malaikat bola atas dan mewariskan berkah bagi dunia material. Tugas mereka adalah mengawasi kelompok orang. Mereka adalah pendidik dan wali dari dunia bumi. Seperti halnya makhluk yang terkait dengan dunia ide-ide germinal, mereka dikatakan menginspirasi makhluk hidup untuk banyak hal seperti seni atau sains.[11]

Paulus menggunakan istilah pemerintahan dan otoritas dalam Efesus 1:21,[12] dan penguasa dan otoritas dalam Efesus 3:10.[13]

Kata "malaikat agung" berasal dari bahasa Yunani ἀρχάγγελος (Archangelos), yang berarti malaikat kepala, terjemahan dari bahasa Ibrani רב־מלאך (rav-mal'ákh) [14] Ia berasal dari bahasa Yunani archein, yang berarti menjadi yang pertama di peringkat atau kekuasaan; dan angelos yang berarti utusan. Kata ini hanya digunakan dua kali dalam Perjanjian Baru: 1 Tesalonika 4:16:TB dan Yudas 1:9:TB. Perlu juga dicatat bahwa istilah 'malaikat agung' di dalam muncul dalam bentuk tunggal dan merujuk pada Mikhael.

Dalam kebanyakan tradisi Kristen, Gabriel juga dianggap sebagai malaikat agung, tetapi tidak ada dukungan sastra langsung untuk asumsi ini.

Nama malaikat agung Rafael hanya muncul dalam Kitab Tobit (Tobias). Kitab Tobit dianggap Deuterokanonika oleh Katolik Roma (Ritus Timur dan Barat), Kristen Ortodoks Timur, dan Anglikan. Namun, Kitab Tobit tidak diakui oleh sebagian besar denominasi Protestan, seperti orang Kristen Reformasi atau Baptisan. Rafael berkata kepada Tobias bahwa dia adalah "salah satu dari tujuh orang yang berdiri di hadapan Tuhan", dan secara umum diyakini bahwa Mikhael dan Gabriel adalah dua dari enam malaikat agung lainnya.

Dalam teologi Ortodoks, nama malaikat agung keempat, yaitu Uriel yang namanya secara harfiah berarti "Terang Allah" muncul. Nama Uriel adalah satu-satunya yang tidak disebutkan dalam Alkitab Kristen Barat, tetapi memainkan peran penting dalam sebuah apokrif yang dibaca oleh orang-orang Kristen Anglikan dan Ortodoks Rusia, yaitu dalam Buku Ezra kedua (Buku Esdra keempat dalam Vulgata Latin). Dalam buku itu, ia mengungkap tujuh nubuat kepada nabi Ezra, setelah siapa nama buku itu dinamai. Ia juga berperan dalam Kitab Henokh Apokrifa, yang dianggap kanonik oleh Gereja Ortodoks Ethiopia dan Gereja Ortodoks Eritrea. Gereja Katolik tidak menganggap Uriel sebagai malaikat[15] sama seperti Kitab Henokh juga bukan bagian dari Alkitab Katolik.[16]

Tidak diketahui berapa banyak jumlah malaikat agung, tetapi beberapa tradisi mempercayai bahwa ada tujuh malaikat yang digelari "malaikat agung. Tujuh Malaikat Agung dikatakan sebagai malaikat penjaga bangsa dan negara, dan peduli dengan masalah dan peristiwa di sekitar, termasuk politik, masalah militer, perdagangan dan perdagangan: misalnya Malaikat Agung Mikhael secara tradisional dipandang sebagai pelindung 'Israel' dan ecclesia (Yun. akar kata ekklesia dari bagian-bagian Perjanjian Baru), secara teologis disamakan dengan Gereja, cikal bakal Israel Baru yang spiritual. Kemungkinan interpretasi lain dari ketujuh malaikat adalah bahwa ketujuh ini adalah tujuh roh Allah yang berdiri di hadapan takhta yang dijelaskan dalam Kitab Henokh, dan dalam Kitab Wahyu.[17]

"Malaikat" atau malakhim (Ibr: מַלְאָכִים), yaitu malaikat "biasa" (Yun: Ἄγγελοι, pl. Yun: Ἄγγελος, angelos, yaitu utusan), adalah urutan terendah dari makhluk langit, yang paling dikenal. Mereka adalah orang-orang yang paling peduli dengan urusan manusia. Dalam kategori malaikat, ada banyak jenis yang berbeda, dengan fungsi yang berbeda. Malaikat dikirim sebagai pembawa pesan ke umat manusia. Malaikat pelindung pribadi datang dari kelas ini.

Malaikat pelindung pribadi bukan dari berasal tatanan yang terpisah, melainkan berasal dari tatanan Malaikat. Sudah menjadi kepercayaan umum bahwa mereka ditugaskan untuk setiap manusia, Kristen atau bukan.[18] Tidak diketahui apakah mereka menjaga banyak manusia selama keberadaan mereka atau hanya satu, tetapi ini merupakan pendapat yang lebih umum.[19]

Menurut Pseudo-Dionysius di dalam De Coelesti Hierarchia (sekitar abad ke-5), sembilan jenis malaikat tersebut dikelompokkan dalam tiga "paduan suara malaikat". "Paduan suara pertama" yang melayani sebagai hamba surgawi dari Allah Anak yang berinkarnasi, terdiri dari Serafim, Kerubim, dan Singgasana. "Paduan suara kedua" yang bekerja sebagai pengelola surgawi dari ciptaan dengan menundukkan materi dan membimbing dan memerintah roh, terdiri dari Kekuasaan, Kebajikan, dan Kekuatan. "Paduan suara ketiga" yang berfungsi sebagai pemandu surgawi, pelindung, dan utusan bagi manusia, terdiri dari Kerajaan, Malaikat Agung, dan Malaikat (biasa).

Selama Abad Pertengahan, banyak skema diusulkan, beberapa menggambar dan memperluas Pseudo-Dionysius, yang lain menyarankan klasifikasi yang sangat berbeda (beberapa penulis membatasi jumlah Paduan Suara hingga tujuh). Beberapa hierarki lain diusulkan, beberapa dalam urutan yang hampir terbalik. Beberapa skema tersebut antara lain:

Di samping ini, daftar luas malaikat dan setan milik semua paduan suara dapat ditemukan dalam The Lemegeton dan The Sixth and Seventh Books of Moses.

MENGHASILKAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN YANG UNGGUL DAN MEMILIKI SPIRITUALITAS DI KAWASAN ASIA TENGGARA PADA TAHUN 2025

Malaikat Agung Yehudiel

Malaikat Yuhudiel adalah malaikat yang bertanggung jawab sebagai penolong umat manusia di saat kematian, dan penjaga Sakramen Pengurapan orang sakit. Malaikat Yuhudiel di gambarkan sebagai pembawa sebuah mahkota yang penuh pengampunan dan penebusan belas kasih serta kemenangan yang menunggu di kehidupan selanjutnya.

Malaikat Agung Gabriel

Malaikat Agung Gabriel adalah malaikat yang sering kali dihubungkan dengan misi istimewa dari Allah. Nama Gabriel itu sendiri adalah membawa kebenaran, harapan dan perubahan.

Gabriel adalah malaikat yang tugasnya menyampaikan pesan Tuhan kepada manusia, salah satu pesan yang Ia sampaikan adalah berita kelahiran Yesus Kristus kepada Maria (Lucas 1:19,26)

Malaikat Gabriel adalah malaikat Inkarnasi, penjaga sakramen Baptis dan malaikat belas kasihan, Ia seringkali di gambarkan memegang bunga lili yang melambangkan jiwa murni yang dihasilkan dari sakramen baptis dan taubat.

Malaikat Agung Barachiel

Barachiar adalah malaikat yang dikenal sebagai malaikat berkat dan malaikat ini juga merupakan pemimpin semua malaikat penjaga.

Barachiel memiliki tanggung jawab dalam menyampaikan dalam doa di hadapan Tuhan untuk orang yang membutuhkan, meminta Tuhan untuk memberi mereka berkat di semua bidang kehidupan mereka, dari hubungan mereka dengan keluarga dan teman-teman untuk pekerjaan yang mereka jalani di dunia. Umat manusia meminta bantuan Barachiel mengejar kesuksesan di dunia. Karena Barachiel juga merupakan pemimpin dari malaikat penjaga, maka manusia terkadang meminta bantuan Barachiel untuk menyampaikan berkat melalui salah-satu malaikat penjaga pribadi mereka.

Barachiel juga sering kali di gambarkan, menyebarkan kelopak mawar yang melambangkan berkat-berkat manis Allah yang menghujani orang-orang, atau memegang mawar putih ke dadanya. Kemudian, kadang-kadang gambar Barachiel menunjukan Ia memegang salah satu keranjang yang penuh roti, atau staf, keduanya melambangkan berkat-berkat menghasilkan anak-anak yang tuhan berikan kepada orang tua.

Malaikat Pencabut Nyawa di Islam

Malaikat pencabut nyawa dikenal dengan nama malaikat Izrail. Nama Izrail, menurut pakar tafsir Prof. Quraish Shihab, tidak diketahui secara jelas asal muasal namanya karena tidak ditemukan dalam Al-Quran maupun sunnah yang shahih. Namun, nama tersebut sudah lekat sekali diidentikkan dengan pencabut nyawa manusia.

Ada sebuah informasi tentang malaikat pencabut nyawa yang mungkin belum diketahui. Malaikat pencabut nyawa tidak hanya satu, melainkan berjumlah banyak. Tugas malaikat mencabut nyawa manusia disebutkan dalam Al-Quran surat As-Sajadah: 11.

? ???? ?????????????? ??????? ????????? ???????? ??????? ?????? ????? ????? ????????? ???????????? ?

Katakanlah, “Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kamu, kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan.”

Informasi tersebut disajikan dalam buku karya Prof. Quraish Shihab, “Malaikat dalam Al-Qur’an: Yang Halus & Yang Terlihat”.

Dalam buku tersebut disebutkan bahwa malaikat maut tidak hanya berjumlah satu, melainkan banyak. Adapun malaikat Izrail sendiri, disebut sebagai pemimpin dari sekian banyak malaikat pencabut nyawa.

Terdapat dua keterangan dalam Al-Quran yang menerangkan tentang jumlah malaikat pencabut nyawa (malakul maut):

????? ?????????????? ??????? ????????? ??????? ??????? ?????? ????? ?????? ????????? ???????????

Katakanlah, “Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kalian, kemudian kepada Tuhan kalian, kalian akan dikembalikan.” (QS. As-Sajdah : 11)

Pada ayat ini, malaikat disebutkan dengan kata tunggal; malak (???????), yang menunjukkan bahwa jumlah malaikat pencabut nyawa hanya satu.

Artikel terkait: 10 Nama Malaikat Beserta Tugasnya yang Penting untuk Parents Ajarkan kepada Anak

Seperti dalam ayat berikut:

?????? ?????????? ?????? ??????????? ?????????? ?????????? ???????? ???????? ????? ?????? ?????????? ????????? ??????????? ????????? ?????? ??? ????????????

Dialah Penguasa mutlak atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila kematian datang kepada salah seorang di antara kamu, malaikat-malaikat Kami mencabut nyawanya, dan mereka tidak melalaikan tugasnya. (QS. Al-An’am : 61)

Dua keterangan tentang jumlah malaikat maut (pencabut nyawa) pada ayat-ayat di atas, alhamdulillah tidaklah bertentangan. Sebab, malaikat maut memang jumlahnya satu, tetapi ia memiliki banyak pasukan yang membantu tugasnya.

Hola, Ma! Di sini aku mau bahas 7 nama malaikat dan tugasnya menurut agama Kristen. Nama malaikat-malaikat agung ini patut diketahui dan diyakini lho terutama oleh penganut agama Kristen. Jadi buat yang ingin tahu langsung saja cuss baca thread ini yuk!

Berikut adalah 7 nama malaikat dan tugasnya menurut agama Kristen:

Malaikat atau Santo Gabriel adalah salah satu malaikat terpenting dalam Alkitab dan sendiri bertahta di tangan kiri Tuhan.

Santo Mikhael dikenal sebagai malaikat perang yang berperan untuk melawan iblis dan para pengikutnya.

Santo Rafael berarti Tuhan yang menyembuhkan dan berperan sebagai penjaga Sakramen Tobat.

Santo Uriel membawa pedang kebenaran bagi prajurit Kristus dan pedang menyala yang menjaga Taman Eden.

Santo Yehudiel berperan sebagai penolong di dalam Sakratul Maut dan Penjaga Sakramen Pengurapan Orang Sakit.

6. Malaikat Barachiel

Santo Barachiel memimpin sepasukan malaikat 496.000  dan juga sebagai malaikat petir.

Santo Sealtiel merupakan Malaikat Agung yang membawa sebagai lambang doa dan berperan sebagai penjaga misa kudus.

Agama Islam, Kristen, Hindu, dan Buddha memiliki pengertian masing-masing terkait malaikat pencabut nyawa. Dalam ajaran Kristiani misalnya, tidak secara spesifik menyebut adanya malaikat dengan tugas mencabut nyawa manusia.

Pun dalam keyakinan agama Hindu telah mengenal istilah dewa kematian. Sedangkan dalam ajaran Buddha, diyakini bahwa segalanya akan lahir kembali di kehidupan yang lain setelah kematian.

Bagaimana juga, kematian memang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang mutlak. Kematian menciptakan ritual agama, menjadi bagian dari budaya, dan bahkan memengaruhi persoalan yang hidup, misalnya hukum waris.

Agama-agama samawi secara khusus memiliki penjelasan dan aturan masing-masing tentang apa dan bagaimana kematian itu. Bahkan, dalam beberapa agama diyakini ada malaikat pencabut nyawa yang memiliki tugas khusus perihal kematian manusia.

Hampir setiap agama percaya adanya kehidupan sesudah mati, dan balasan-balasan atas hidup yang sudah dijalani. Oleh karena itu, kali ini kami akan informasikan tentang malaikat pencabut nyawa dalam agama Islam, Kristen, Hindu, dan Buddha.

Penjelasan ini tentu saja bisa menjadi bahan ajaran untuk buah hati Parents di rumah.

Malaikat Agung Uriel

Malaikat Uriel adalah malaikat yang membawa pedang kebenaran bagi prajurit Kristus melalui sakramen krisma. Ia membawa api untuk mengingatkan akan turunnya Roh Kudus pada pentakosta dan bara yang merupakan karunia Roh. Uriel juga membawa pedang menyala yang menjaga taman Eden.

Legenda juga mengatakan bahwa Uriel berdiri di pintu gerbang The Lost Eden dengan pedang berapi-api dengan sayapnya yang beraura emas keunguan. Dikatakan Uriel merupakan salah satu malaikat yang meratakan kota Sodom dan Gomora menjadi abu berdasarkan perintah Tuhan untuk penghakiman terhadap manusia-manusia yang melanggar perintah-Nya.

Malaikat Pencabut Nyawa di Kristen

Kitab Ibrani 1:14 dengan lugas menjelaskan bahwa malaikat adalah roh-roh yang melayani. Mereka diciptakan untuk melayani Allah yang Maha Kuasa.

Kediaman mereka adalah di Surga, tempat Allah bertahta. Selain bertugas untuk melayani Allah, kitab Mazmur 148:2 menulis bahwa malaikat diciptakan untuk memuji Allah. Demikian tertulis, “Pujilah Dia, hai segala malaikat-Nya, pujilah Dia, hai segala tentara-Nya!”

Alkitab menceritakan adanya malaikat-malaikat berjulukan Serafim yang mengelilingi tahta Allah dan mereka terus menerus tiada henti-henti memuji Allah.

Nabi Yesaya menceritakan penglihatannya demikian, “Dalam tahun matinya raja Uzia aku melihat Tuhan duduk di atas takhta yang tinggi dan menjulang, dan ujung jubah-Nya memenuhi Bait Suci.”

Para Serafim berdiri di sebelah atas-Nya, masing-masing mempunyai enam sayap; dua sayap dipakai untuk menutupi muka mereka, dua sayap dipakai untuk menutupi kaki mereka dan dua sayap dipakai untuk melayang-layang. Dan mereka berseru seorang kepada seorang, katanya: “Kudus, kudus, kuduslah TUHAN semesta alam, seluruh bumi penuh kemuliaan-Nya!” (Yesaya 6:1-3).

Mengutip dari Media.nelti.com, dalam Kristen Katolik, mengenal 7 malaikat Agung yang memiliki nama dan tugas-tugasnya masing-masing. Namun tidak disebutkan dalam alkitab, tentang tugas malaikat pencabut nyawa. Dalam Alkitab malaikat agung yang sering disebut yaitu Mikhael, Gabriel, Rafael, sedangkan keempat malaikat agung lainnya adalah Uriel, Barachiel, Sealtiel dan Yehudi.

Meskipun tak disebut secara khusus tentang malaikat pencabut nyawa, tetapi menurut Alkitab, ketika manusia meninggal, jiwa dan roh orang-orang yang ada di dalam Yesus, roh mereka akan pergi ke surga (1 Kor 5:5) dan surga yang dimaksudkan adalah Firdaus.

Sedangkan jiwa-jiwa yang menolak Yesus akan masuk ke siksaan api neraka sementara bersama-sama dengan orang-orang dari zaman Nuh yang juga menolak Kristus (1 Petrus 3:20).

Sesudah itu mereka akan dihukum untuk selama-lamanya di lautan api kekal (Wahyu 20:15). Roh dan jiwa mereka dibawa oleh malaikat ke satu tempat yang dalam.

Ayat-ayat tersebut menunjukkan bahwa roh orang mati tidak bisa berjalan sesukanya, tetapi mereka tetap dikawal. Jadi arwah orang mati bersikap pasif tidak tidak mempunyai pilihan lain, ia harus menuruti malaikat yang membawanya.

Dalam Kamus Teologi dapat mengartikan Kematian sebagai akhir kehidupan jasmani yang terjadi secara otomatis, menurut waktu yang ditetapkan oleh Tuhan, dan tidak ada satu pun manusia yang mampu menolak kematian.

Dengan kematian sejarah hidup manusia dihadapan Allah mencapai bentuk yang lengkap dan tak dapat diubah. Kitab suci memandang kematian sebagai hal yang alami, (Mzm 49 11-12; ayat 40:6-7) dan sebagai akibat dosa (Kej.3:19; Rm 5:12). Kematian adalah musuh terakhir yang harus dikalahkan (1Kor 15:26)

Malaikat Agung Rafael

Malaikat Rafael artinya Tuhan yang menyembuhkan. Di kenal sebagai malaikat penyembuh, Ia adalah penjaga sakramen Tobat, Rafael di gambarkan membawa waduk minyak pengurapan dan ikat yang melambangkan penyembuhan bagi umat manusia melalui sakramen pengakuan dosa.

Rafael bertanggung jawab atas penyembuhan rohani dan jasmani bagi umat manusia. Dalam kitab Tobit, Rafael membimbing mereka dalam proses penyembuhan, dengan mengajarkan tentang pentingnya doa, cinta kasih dan kasih sayang.

Malaikat Pencabut Nyawa dalam Ajaran Hindu

Menurut kepercayaan umat Hindu, Yama (Sanskerta: ??; Yama) adalah dewa yang pertama kali dijumpai oleh roh orang mati saat berangkat menuju wilayah surgawi, sehingga dia juga bergelar dewa kematian. Tugasnya utamanya yaitu mengadili roh orang mati, dengan didampingi oleh asistennya yang disebut Citragupta, pencatat karma manusia. Karena keadilannya, ia disebut pula Dharmaraja.

Yama biasanya digambarkan sebagai seorang pria berkulit biru, memiliki wahana berupa seekor kerbau hitam raksasa. Ia bersenjata gada atau danda dan membawa jerat.

Yama juga dikatakan muncul dalam wujud berbeda saat menghampiri orang baik dan orang jahat menjelang kematiannya. Untuk orang jahat, Yama akan terlihat memiliki kaki yang sangat besar, dengan bibir tipis membara, mata sedalam ruang hampa, dan rambut yang terbakar api.

Untuk orang baik, dia dikatakan tampil sebagai sosok yang indah, mirip dalam bentuk Wisnu, dengan empat lengan dan mata menyenangkan. Dia memiliki dua anjing mengerikan bermata empat yang bertugas menjaga jalan yang dilewati roh orang mati menuju alam Yama.

Menurut kitab Purana, Yama adalah putra Surya atau dewa matahari dan Saranya putri Wiswakarma. Dia memiliki kakak bernama Waiwaswata Manu, dan saudara kembar perempuan bernama Yamuna. Selain itu, ia memiliki ibu tiri bernama Radnyi, Praba, dan Caya.

Yama memutuskan untuk pergi ke sebuah tempat suci yang bernama Gokarna. Di sana ia memuja Siwa dengan cara bertapa selama ribuan tahun. Siwa berkenaan dengan tapa yang dilakukan Yama, lalu ia diangkat sebagai dewa kematian. Ia diberi hak untuk menjatuhkan hukuman kepada orang-orang yang melakukan dosa, dan memberikan berkah kepada orang-orang yang berbuat kebajikan.